Keterampilan berbicara terdiri dari dua kata yaitu
keterampilan
dan
berbicara
, keduanya memiliki makna masing)masing yang jika
digabungkan akan menjadi lebih bermakna dan mudah d
ipahami dalam
kaitannya dengan peningkatan aspek keterampilan ber
bicara anak di
Taman Kanak)kanak dalam penelitian ini.
Kata keterampilan sama artinya dengan kata kecekata
n, terampil
atau cekatan adalah kepandaian melakukan suatu peke
rjaan dengan cepat
dan benar (Soemarjadi, dkk, 1992: 2). Keterampilan
adalah “kemampuan
anak dalam melakukan berbagai aktivitas seperti mot
orik, berbahasa,
sosial)emosional, kognitif, dan afektif (nilai)nila
i moral)” (Yudha M.
Saputra dan Rudyanto, 2005: 7).
Keterampilan yang akan dibahas disini adalah ketera
mpilan yang
diperuntukkan bagi anak usia Taman Kanak)kanak, seb
ab masa usia TK
merupakan masa emas untuk dilatihkan keterampilanny
a. Keterampilan
yang dipelajari dengan baik akan berkembang menjadi
kebiasaan, dan
kebiasaan itu adalah kebiasaan yang baik pula.
Selanjutnya, berbicara secara umum dapat diartikan
sebagai suatu
penyampaian maksud (ide, pikiran, gagasan, atau isi
hati) seseorang
kepada orang lain dengan menggunakan bahasa lisan,
sehingga maksud
11
tersebut dapat dipahami oleh orang lain (Suhartono,
2005: 20). Berbicara
ialah komunikasi lisan (Idris, dkk, 1998: 11).
Sela
in itu, Henry Guntur
Tarigan (2008: 16) berpendapat bahwa bicara adalah
kemampuan
mengucapkan bunyi)bunyi artikulasi atau kata)kata u
ntuk
mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan piki
ran, gagasan, dan
perasaan
KAJIAN TEORI A. Keterampilan Berbicara
Dalam melatih keterampilan berbicara, anak perlu dibiasakan untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga anak dapat menyampaikan pikiran
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN BERBICARA ,
BERBICARA ANAK TUNARUNGU Tati Hernawati Jurusan PLB FIP , tunarungu, kita dapat melatih anak tunarungu untuk menghubungkan pengalaman yang
PENTINGNYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA,
PENTINGNYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI , mengucapkan kata -kata, melatih merangkai kalimat sesuai dengan tahap perkembanga nnya.
METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGOPTIMALKAN,
KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI (4-5 TAHUN) Oleh Halida (PAUD, FKIP, , melatih anak berbicara lancar; (3) melatih daya konsentrasi; (4) melatih
Tips Hindari Anak Terlambat Bicara
Tips Hindari Anak Terlambat Bicara Imam Wahyudiyanta - detikSurabaya Surabaya - Kesiapan mental seorang anak untuk berbicara tergantung pada kematangan
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE,
sering digunakan untuk melatih berbicara anak melalui dialog-dialog yang No Lembar Observasi Siklus 2 1 Aktivitas Anak 60% 85% 2 Kemampuan berbicara 46,5% 93,5%
STIMULASI TUMBUH KEMBANG ANAK -,
melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar), aspek kecerdasan (dengan , - Melatih anak melakukan gerakan mendorong dan menarik - Melatih imajinasinya
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE,
yang dapat digunakan untuk melatih anak berbicara yaitu menggunakan teknik inside outside circle. Teknik inside outside circle merupakan.
BERCERITA MELALUI GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA,
bahasa Inggris peserta didik maka dapat menggunakan gambar dalam melatih anak berbicara. Dengan , tentu tidak mudah hal ini terjadi anak-anak selalu menguji ,
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PUD) DALAM PENDIDIKAN,
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DALAM PENDIDIKAN FORMAL : , Berbicara tentang kreativitas anak maka tidak akan lepas dari perkembangan dan
No comments:
Post a Comment